Pengertian Android, Sejarah dan Kelebihanya - Elektronika dan Komputer

Pengertian Android, Sejarah dan Kelebihanya

Android adalah sebuah sistem operasi yang sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok. Hampir semua orang membutuhkan alat yang satu ini untuk berkomunikasi, mencari informasi dan perkembangan berita terbaru, melakukan pekerjaan, dan berbagai aktivitas lainnya. Bahkan, saat ini hampir semua orang menggantungkan aktivitas mereka pada Android yang mereka miliki.

Anda juga pasti merupakan salah satu pengguna sistem operasi yang satu ini untuk menunjang kegiatan Anda sehari-hari. Terlebih lagi saat ini Android juga memungkinkan para pengembang untuk mengembangkan aplikasi mereka sendiri yang kemudian dapat digunakan oleh berbagai macam perangkat. Biasanya, Android digunakan pada telepon pintar (smartphone) atau komputer tablet.

Android


Android merupakan sebuah sistem operasi yang juga mendapatkan dukungan penuh dari perusahaan raksasa dunia yaitu Google. Pengguna sistem operasi yang satu ini pasti familiar dengan berbagai platform Google yang ada pada Android yang dimiliki. Lagipula saat ini Android sudah sangat merajai berbagai pasar smartphone. Meskipun tidak semuanya menggunakan Android namun sebagian besar pengguna smartphone menggunakan sistem operasi ini.

Melihat kesempatan tersebut, akhirnya banyak vendor yang menggunakan sistem operasi ini. Selain itu, meskipun Google sudah memiliki Android, Google juga menggratiskan penggunanya untuk menggunakan Android. Pada artikel kali ini, Anda akan mengenal lebih dalam pengertian Android, sejarah singkat, perkembangan, kelebihan dan juga berbagai merek yang meggunakannya.

Pengertian Android
Android adalah sebuah sistem operasi yang dirancang oleh perusahaan Google dengan basis kernel Linux dan juga berbagai perangkat lunak seperti Open Source dan lainnya. Ponsel yang menggunakan Android dapat digunakan untuk perangkat dengan layar sentuh seperti pada smartphone dan juga komputer tablet.

Android memiliki perbedaan dengan sistem operasi Windown 10 milik Microsoft yang mengharuskan perusahaan untuk membayar royalty apabila ingin menggunakan sistem operasi tersebut. Maka dari itu, tidak heran jika banyak vendor yang menggunakan sistem operasi yang bekerja sama dengan Google ini. Sedangkan untuk sistem operasi seperti iOS milik perusahaan Apple hanya dapat digunakan pada perangkat iPhone dan juga iPad.

Lalu, apabila Android digratiskan untuk semua perusahaan, apa keuntungan yang bisa didapatkan oleh Android? Pada dasarnya, Google sendiri mendapatkan keuntungan apabila ada perusahaan atau pengembang aplikasi mereka sendiri ke Google Play Store. Tidak hanya itu, keuntungan tersebut juga bisa didapatkan dari iklan yang muncul ketika Anda sedang menggunakan aplikasi atau game tertentu.

Android merupakan sistem operasi yang banyak digunakan karena ia dapat dengan mudah ditemukan dan fleksibel untuk dioperasikan. Tidak seperti sistem operasi iOS yang dirilis perusahaan Apple yang khusus untuk produk iPhone dan juga Ipad. Apple tidak merilis sistem iOS untuk perangkat lain di laur perangkat mereka sendiri.

Selanjutnya, Anda akan mengatahui sejarang singkat kemunculan Andriod, kelebihan Android dan perkembangannya. Bagaimana saat Android mulai bekerja sama dengan Google dan apa saja produk awal yang mereka keluarkan berikut juga waktu perilisannya. Selain itu juga terdapat beberapa versi Android sejak awal kemunculannya hingga saat ini.

Sejarah Singkat Tentang Android
Saat pertama kali dirilis, Android ditargetkan untuk dapat digunakan pada perangkat kamera digital. Namun akhirnya, para pembuat Android tersebut memiliki pendapat lain bahwa pasar untuk penjualan kamera digital tidaklah terlalu besar peminatnya. Jadilah mereka memutuskan Andriod yang kemudian digunakan pada perangkat ponsel yaitu smartphone karena ternyata ponsel memiliki peminat yang lebih banyak.

Sekitar tahun 2004, Android kemudian dipasarkan sebagai salah satu saingan bagi smarphone dengan basis Symbian dan juga Windows Mobile. Pada saat itu, perusahaan sedang kesulitan untuk mencari investor yang pada akhirnya dengan berbagai usaha, Android berhasil mendapatkan dana sebesar $10.000 dari seseorang bernama Steve Perlman.

Android adalah sistem operasi yang berhasil diakusisi oleh Perusahaan Google pada sekitar bulan Juli tahun 2005. Pada saat itu, Google memberikan mahar pada Android sebesar $50 juta. Akhirnya, para pendiri Android bergabung dengan Google untuk memimpin proyek Android yang satu ini. Google membeli Android dengan membuat prototipe.

Sebagai tambagan informasi, prototipe tersebut adalah sebuah smartphone yang memiliki keyboard layaknya seperti pada Blackberry atau biasa disebut dengan Qwerty Keypad. Setelah itu, pada tahun 2007 secara mengejutkan perusahaan Apple mengeluarkan iPhone dengan desain smartphone yang seluruh layarnya menggunakan layar sentuh, termasuk keyboard layar sentuh. Akhirnya, Android harus memikirkan ulang mengenai desain menarik untuk menyaingi Apple.

Akhirnya, sejak tahun 2010 sampai saat ini Android mengambil alih pangsa pasar smartphone menyaingi Apple. Alasan mengapa Android menjadi sistem operasi yang dapat terhitung cepat menyaingi Apple adalah karena harga dan juga sistem operasinya yang tersedia gratis bagi perusahaan yang ingin menggunakannya.

Kelebihan Android
Saat ini, Anda pasti sudah terbiasa dengan berbagai produk teknologi canggih yang beredar di pasaran. Pasalnya saat ini hampir segala aktivitas dan juga kegiatan yang dilakukan semua orang memanfaatkan produk teknologi tersebut. Android merupakan salah satu produk teknologi yang saat ini juga banyak digunakan oleh banyak orang.

Terlebih lagi saat ini, ponsel dengan basis menjadi ponsel dengan jumlah penjualan dan juga peminat terbanyak. Hal tersebut akhirnya menjadikan Android sebagai sistem operasi yang paling banyak digunakan di muka bumi. Terdapat beberapa kelebihan yang dimiliki Android yang pada akhirnya menjadikannya populer dan digunakan banyak orang.

Kelebihan pertama yang dimiliki Android ialah sistem antarmuka / user interface yang mudah untuk digunakan. Ya, Android sangat mudah untuk digunakan sehingga pengguna tidak akan membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi dalam penggunaan Android. Selain itu, Android memiliki sistem yang berbagai fiturnya terus menerus diperbarui. Android secara rutin memperbarui fitur yang dimilikinya demi kepuasan para pengguna.

Android juga memiliki sifat open source yang maksudnya bisa dikembangkan lebih jauh lagi sesuai dengan kebutuhan para pengguna. Kelebihan terakhir yang dimilikinya adalah banyaknya referensi aplilasi dan juga permainan gratis yang bisa Anda dapatkan melalui fitur layanan Google Play Store. Pada layanan ini, Anda dapat mencari berbagai aplikasi yang Anda butuhkan dan mengunduhnya dengan gratis.

Android juga memiliki tampilan yang dapat dengan mudah diubah. Tidak seperti iOS, tema, ikon, layar belakang Android dapat dengan mudah Anda kostumisasi agar tidak merasa bosan dalam menggunakannya karena tampilan yang tidak pernah berubah. Bagi Anda para pengguna Android pasti sudah terbiasa dengan hal ini bukan?

Perkembangan Android Terkini
Android saat ini banyak sekali digunakan berbagai pihak karena berbagai alasan. Yang pertama, ia memiliki harga yang sangat terjangkau dibandingkan Anda harus mendapatkan iPhone dengan sistem operasi iOS miliknya sendiri. Terlebih lagi saat ini Apple belum berencana untuk merilis iPhone dan juga iPad dalam versi yang lebih murah.

Bahkan, sudah banyak Android saat ini yang bisa didapatkan dengan harga terjangkau. Tentu saja harga yang terjangkau banyak diminati oleh berbagai kalangan masyarakat di Indonesia dan juga di India. Perlu Anda ketahui, iPhone tidak dapat merajai pangsa pasar smartphone di Indonesia dan India karena Android merajai penggunaan ponsel pintar di kedua negara tersebut.

Pesaing yang digadang-gadang mampu mengalahkan Android seperti Windows 10 Mobile, Ubuntu Touch dan juga Firefox ternyata juga belum mampu menjadi pesaing Android. Maka dari itu, tidak heran apabila pengguna smartphone berbasis Android semakin merajalela di Indonesia.

Pada Juli 2006 bekerja sama dengan Google menjadikan Android lebih tenar dan lebih banyak digunakan oleh pengguna di berbagai belahan dunia. Fiturnya yang mudah untuk digunakan memungkinkannya menambah penggemar dan pengguna lagi.

Seperti software lainnya, Android sendiri juga memiliki berbagai macam nomor versi dan perkembangan. Google memberikan nama julukan untuk setiap versi terbaru Android. Nama julukan tersebut diambil dari nama makanan penutup, hal tersebut bukanlah hal yang aneh bagi Anda pengguna setia Google dan juga Android.

Android di Berbagai Merek dan Perkembangannya
Kelebihan dari Android ialah, perusahaan pihak ketiga seperti samsung, xiaomi, ataupun asus dapat mengubah aspek Android secara keseluruhan atau sebagian. Terdapat dua fitur yang dapat diubah oleh perusahaan.

Fitur pertama yang dapat diubah oleh perusahaan produsen smartphone adalah desain antarmuka Android. Terdapat banyak cara yang dapat digunakan untuk mengubah tampilan Android itu sendiri dan salah satunya adalah Launcher.

Launcher memungkinkan perubahan tampilan pada bagian depan seperti beranda, ikon aplikasi, tampilan notifikasi dan berbagai tampilan pada smartphone lainnya. Dengan begitu, setiap smartphone yang dirilis perusahaan tertentu memiliki tampilan khas-nya sendiri yang tentunya berbeda dari tampilan khas merk smartphone lainnya. Jangan khawatir karena sebagian besar tampilan ponsel Android mudah untuk dipelajari dan dioperasikan.

Poin kedua yang dapat diubah dari Android ialah fitur atau aplikasi tambahan di dalamnya. Perusahaan produsen smartphone dapat menambah aplikasi-aplikasi tambahan pada smartphone yang mereka rilis. Bahkan beberapa merupakan aplikasi tanam yang tidak dapat di-uninstall oleh penggunanya. Sama seperti pada poin pertama, fitur tambahan yang diberikan tersebut merupakan khas yang dimiliki masing-masing perusahaan.

Ada satu hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli ponsel Android yaitu dengan memeriksa terlebih dahulu fitur – fitur tambahan apa saja yang ada pada ponsel tersebut. Karena, fitur tambahan yang terlalu banyak dapat mengurangi performa smartphone berbasis Android itu sendiri. Pastikan fitur tambahan tersebut tidak memakan terlalu banyak RAM ada ada pada ponsel Anda.

Setelah mengetahui informasi lebih dalam mengenai Android, apakah Anda sudah memiliki bayangan tertentu akan model Android yang akan Anda pilih? Sesuaikanlah jenis Android Anda dengan kebutuhan yang Anda inginkan. Pastikan juga Anda membeli ponsel Android pada perusahaan dengan reputasi dan juga review pelanggan yang baik agar mendapatkan ponsel dengan kualitas terbaik. Bagaimana pun juga, Android telah menjadi salah satu hal yang pastinya Anda butuhkan pada kegiatan sehari-hari.

Sember : https://bootup.ai/

0 Response to "Pengertian Android, Sejarah dan Kelebihanya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel