Pengertian Printer Inkjet dan Penjelasannya - Elektronika dan Komputer

Pengertian Printer Inkjet dan Penjelasannya

Printer merupaka sebuah media elektronik yang memiliki fungsi untuk mencetak atau alat / sebuah Output untuk mengeluarkan data/document atau gambar dari sebuah komputer menjadi nyata melalui perantara media kertas . Printer saat ini bukanlah hal yang mahal atau hanya di miliki orang - orang berbadget kaya , ataupun kantor dengan bisnis yang besar , karena printer saat ini Sudah menjangkau Masyarakat kelas Menegah . Jadi tidak heran jika kalian kemana - mana dapat menemui printer .



Printer sendiri terbagi menjadi 3 Jenis :
  • Printer Dot Matrix
  • Printer InkJet
  • Printer LaserJet
Dan yang kali ini akan Printer-Hero bahas yaitu Printer Jenis Inkjet . atau yang lebih dikenal dengan penggunaan tinta cair sebagai bahan baku pemakaian Printer .
Penjelasan Dan Pengertian Printer Inkjet :

Printer Ink Jet adalah jenis printer yang menggunakan teknologi " Dor On Demand " yaitu melakukan cetakan dengan cara menyemprotkan titik demi titik (biasa di sebut Dot) kecil tinta pada kertas melalui nozzle atau lubang pipa yang sangat kecil. Cara sederhana untuk mengetahui sebuah printer itu inkjet atau tidak adalah dengan melihat apakah.alat cetak itu menggunakan tinta untuk proses mencetak.

Pada era Informasi seperti di tahun ini Printer inkjet sudah memiliki resolusi yang sudah cukup besar bahkan sampai 9800 dpi , jadi jangan heran cetakan dari printer jenis Inkjet semakin lama semakin bagus dan lebih halus . coba saja jika di bandingkan dengan printer DotMatrix yang hasil cetakanya hanya menggunakan Pita hitam .

Semakin berkembangnya Printer dari para produsen - produsen besar Seperti Canon dan HP mereka selalu mengembankan teknologi - teknologi baru , dan yang terakhir adalah dengan panas , Panas tersebut di hasilkan di dalam catridge sehingga semakin suhu panas meningkat , semakin menekan tinta menuju ke nozzle sehingga proses pembentukan warna dan pencetakan pada kertas terjadi . Jenis Printer Inkjet ini model pengisialnya mulai banyak yang di modifikasi dengan teknik Infus , Yaitu dengan menambahkan tabung tinta khusus pada bagian luar printer yang berfungsi sebagai tempat penampungan tinta , dan di bagian tabung tersebut tersambung sebuah selang khusus yang terhubung pada catridge pada bagian pencetak printer , sehingga proses isi ulang lebih otomatis tanpa harus Refil tinta melalui Catridge.

Kelebihan Dan Kekurangan Printer InkJet

Kelebihan Printer InkJet :
  • Kecepatan tinggi dalam Melakukan Berbagai tugas Pencetakan.
  • Kualitas cetak foto yang tinggi . ( Berdasarkan Kertas dan Pemakaian tinta )
  • Harga Printer Relatif murah.
  • Memiliki kelebihan Kemudahan Dalam Mencetak Foto Melalui Camera / Memori .
  • Memiliki Kecepatan Cetak yang lebih akurat dan halus.
Kekurangan Printer Ink Jet :
  • Untuk Proses cetak Hitam Putih Masih Kalah cepat Dengan Printer LaserJet
  • Seringnya terjadi kerusakan pada catridge (tergantung pada cara pemakaian ).
  • Harga Tinta lebih mahal karena harus membeli beberapa Warna .
  • Tinta Dapat luntur saat belum kering atau terkena cairan .
  • Sulit mengetahui habisnya tinta di dalam catridge ( Model tanpa Infus )
Demikian informasi tentang Pengertian Printer Inkjet dan Penjelasannya dan Penjelasannya, semoga bermanfaat.

0 Response to "Pengertian Printer Inkjet dan Penjelasannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel