Jenis Jenis Mouse dan Fungsinya - Elektronika dan Komputer

Jenis Jenis Mouse dan Fungsinya

Mouse merupakan perangkat keras komputer yang tidak kalah penting keberadaanya. Perangkat keras yang satu ini berfungsi untuk menggerakkan pointer atau di sebut juga kursor di dalam komputer. Nah, mouse inilah yang selalu kita pegang untuk mengarahkan pointer kemanapun kita mau pada saat menggunakan komputer.

Mouse sendiri tidak hanya berfungsi untuk mengarahkan pointer atau kursor, fungsi penting lainnya dari mouse adalah untuk melakukan klik, double klik dan scrool yang lebih biasa kita panggil dengan penggulung.

Baca juga : Pengertian Mouse dan Fungsinya

Jenis-jenis mouse ada beragam jenis, dan inilah yang akan kita ulas pada postingan kali ini. Dan adapun jenis-jenis mouse komputer akan di tuliskan berikut di bawah ini.

Jika dilihat secara fisik ada 2 macam mouse, yaitu:
  1. Mouse Optic

    Mouse Optic

    Mouse Optic yaitu mouse yang menggunakan optic untuk menggerakkan pointer yang ada dilayar monitor, optic terletak dibagian bawah mouse.

  2. Track Ball

    Mouse Track Ball

    Mouse Track Ball yaitu mouse yang menggunakan bola untuk menggerakkan pointer pada layar.
Berdasarkan Portnya Mouse dibedakan menjadi:

  • Mouse Serial
    Mouse Serial

    Mouse ini menggunakan port serial dan mouse jenis digunakan pada komputer jenis AT.

  • Mouse PS2

    Mouse PS2

    Mouse jenis menggunakan port PS2 dan dan digunakan pada komputer jenis ATX. Biasanya port mouse berwarna hijau untuk membedakan antara port untuk keyboard dan port untuk mouse.

  • Mouse USB
    Mouse USB

    Port jenis ini mulai banyak disukai oleh para pengguna komputer, karena selain lebih efisien mouse yang menggunakan port USB mempunyai kecepatan akses lebih tinggi dibanding mouse yang menggunakan port yang lain

  • Mouse Wireless
    Mouse Wireless

    Sesuai dengan namanya mouse ini menggunakan jaringan wifi sebagai media perantaranya. Mouse jenis ini lebih mahal dibanding mouse jenis yang lain sehingga tidak banyak orang yang menggunakan mouse jenis ini.

Demikianlah postingan Jenis Jenis Mouse dan Fungsinya semoga bermanfaat untuk anda.

0 Response to "Jenis Jenis Mouse dan Fungsinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel